BERINOVASI UNTUK NEGERI

Al Hikmah Research Projects (ARP) adalah salah satu program unggulan di SMP Al Hikmah Surabaya. Program ini bertujuan melatih berpikir ilmiah, sistematis dan logis. Sejalan dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada tema rekayasa Teknologi.



Hampir enam bulan ini, perjuangan yang luar biasa dilalui siswa-siswi kelas SMP Al Hikmah Surabaya. Berbagai macam tantangan dan hambatan anak-anak mampu menyelesaikan Tugas ARP. Tanggal 16-17 November 2023 Ujian akhir dihadapan dewan penguji dan orang tua. Antusias dan apresiasi dari orang tua luar biasa.



Total 104 Karya. Bidang IPA 50 karya, bidang IPS 29 karya dan bidang teknologi 25 karya. Memiliki rekor terbanyak selama program ARP. Dari semua karya diambil 14 karya terbaik. Masuk grand final diambil Juara 1,2,3 masing-masing bidang.



Sebagai puncak kegiatan ini pameran karya. Seluruh siswa-siswi dan Ustadz-ustadzah memilih (vote) karya terbaik dan penentuan Best Poster. Diluar ekspektasi pameran yang disajikan keren-keren. Mulai dari X-banner, brosur,  kemasan produk dan lain sebagainya. Suasana seperti lomba karya ilmiah yang pernah saya lihat.



Tentu biaya yang dikeluarkan dalam penelitian ini tak sedikit. Bukan semata mencari juara atau penghargaan. Tetapi jauh dari itu pengalaman yang dilakukan selama penelitian itu yang mahal harganya. Semoga pengalaman itu menjadi bekal hidup untuk jenjang berikutnya. Karya yang dipersembahkan bagian dari berinovasi Untuk Negeri. Wallahu alam bishowab...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image