Rumah RVL



Rumah RVL
Oleh: Sriyanto

Saat ngopi pagi, ada WhatsApp masuk di HP dari Founder Rumah Virur Literasi (RVL) Moch. Khoiri. Saya kenal beliau saat pelatihan menulis di SMP Al Hikmah. Beliau menyebut dirinya sebagai 'blantik literasi. Blantik dalam dunia perdagangan sering disebut makelar. Artinya menawarkan dagangan agar cepat laku. Rasanya beliau ingin menyebarkan virus literasi pada orang-orang yang punya komitmen pengembangan literasi.

Sebuah kehormatan ditawari masuk komunitas para penulis hebat. Tak pikir panjang saya putuskan bergabung. Dan mengisi data sebagai syarat administrasi. Alih-alih belajar menulis bersama penulis yang berpengalaman. 


Sebuah komunitas sangat penting keberadaannya. Apalagi seperti saya yang masih belajar menulis perlu motivasi dan contoh dari para senior. Baru bergabung saja, banyak guyonan yang memacu untuk menulis. Saya anggap sebagai cambuk. Semangat menulis. Ada usia manula tak berhenti menulis. Rasanya malu, jika saya masih muda tak mampu menulis.


Saya sadar menulis bukan perkara mudah. Terkadang banyak ide tak sempat menuangkan dalam bentuk tulisan. Belum lagi kondisi 'futur', semangat menulis mulai kendor. Menulis satu paragraf rasanya berat melanjutkan.


Bagi saya semangat menulis, ibarat iman seseorang. Terkadang naik, kadang turun tergantung kondisi dalam dirinya dan pengaruh dari luar. Teringat nasehat para ulama untuk menjaga iman agar stabil salah satu cara 'wong kang Sholeh kumpulono' (berkumpulah dengan orang Sholih). Bersyukur saya bisa bergabung rumah virus Literasi, ketemu orang-orang Sholih agar ghiro menulis terpatri dalam diri. Dan bisa menjadi obat saat kondisi futur agar ritme nulis tetap stabil.


Saya yakin banyak manfaat dari komunitas RVL. Semoga saya bisa Istiqomah menulis dan menjadi bagian mengembangkan dunia literasi. Waallaulam bishowab...


Komentar

  1. Bismillahirrahmanirrahim, berproses bersama Pak.... Penting juga merawat semangat.

    BalasHapus
  2. Semoga terus istikomah berada dalam rumah RVL.

    BalasHapus
  3. Mantap, tulisan hebat! Lanjut!
    Sama-sama yo, kita semangat!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image