Nafas Demokrasi


Nafas Demokrasi
Oleh: Sriyanto

Sudah tak sabar coblos tanggal 14 Februari 2024. Hari ini saya gunakan hak suara coblos pemilu ketua OSIS SMP Al Hikmah Surabaya 2024. 

Pemungutan suara adalah kegiatan puncak suara Demokrasi. Yang memiliki hak suara semua siswa, guru Tata Usaha (TU) dan para cleaning servis (CS). Pada perhitungan perolehan suara di saksikan secara langsung oleh seluruh warga SMP Al Hikmah. 

Suasana pemilu OSIS layaknya pemilu sesungguhnya. Mulai dari petugas KPPS , para saksi, kertas suara, ruang pencoblosan dan kotak suara persis yang didesain KPU.

Alurnya para siswa menuju tempat pemungutan suara (TPS). Menuju KPPS tanda tangan sesuai data pemilihan. Setelah mengisi daftar hadir, pemilih mendapat kartu suara. Lalu menuju ruang pencoblosan, coblos salah satu kandidat OSIS. Selanjutnya memasukan kartu ke kotak suara. Kemudian pemilih harus mencelupkan tinta biru sebagai tanda gunakan hak suara. Langkah terakhir perhitungan suara.

Sebelum dihitung petugas KPPS, membuka kotak suara yang tersegel. Dan mencocokan jumlah pemilih dengan surat suara harus sesuai tidak boleh selisih. Saat perhitungan suara menjadi riuah masing-masing pendukung calon saling bersorak, tapi tetap terkendali.

Penyelenggaraan pemilu OSIS merupakan pratik demokrasi di sekolah. Tentu ini menjadi pengalaman terbaik bagi para kandidat, petugas dan semuanya untuk bekal pemilu sesungguhnya di masa akan datang. Mereka semua pelaku demokrasi sejak dini. Prinsip one man one vote, terbuka dan Jurdil bagian dari Nafas Demokrasi. Waallaulam bishowab...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image