Tahsin On The Trip

Tahsin On The Trip

Oleh: Sriyanto

Belajar Tahsin merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Masjid Hikmatul Hakim (MHH) Sidoarjo dalam rangka memperbaiki tajwid dan makhorijul huruf membaca Al Qur'an. Ada sebuah ide dari Jama'ah untuk mengaji dengan suasana baru, dikemas sambil jalan-jalan. 

Pesertanya bapak-bapak yang sudah berumur. Saya salut pada mereka semua yang luar biasa. Pada usia tua masih semangat untuk mengaji. Di tengah kesibukan, masih sempat belajar Al Qur'an. Keinginan kuat itu harus terwadahi agar tetap Istiqomah dan bersemangat. Nah suatu hari, ada Jama'ah yang berasal dari Padang Sumatera. Di Surabaya punya komunitas dan Rumah Gadang. Menawarkan untuk bisa silaturahim dengan komunitasnya ngaji bareng.


Tawaran itu disambut baik dengan tujuan pertama merajut silaturahim dan cari nuansa baru belajar Al Qur'an untuk mengurangi kebosanan. Akhirnya Rabu, 17 Januari 2024 bisa ngaji bareng Anak Surau.


Rumah Gadang Surabaya terletak Jl. Injoko-dekat rumah makan Primarasa. Rumah ini merupakan cagar budaya Minang sebagai wadah berkumpulnya rantauan orang Sumatera. Tempatnya lumayan luas. Lantai atas dibuat gedung serba guna untuk pertemuan jumlah besar, buat badminton dan disewakan untuk pernikahan. Bawah gedung digunakan obrolan santai, main catur dan sebagainya.


Dibelakang rumah Gadang ada Surau atau musholla yang biasanya digunakan sholat lima waktu, sholat Jum'at dan kajian rutin. Di Surau itulah kami semua belajar Tahsin diasuh oleh Ustadz Edi yang setia menemani dengan penuh kesabaran. Kita bergabung antara Jama'ah MHH dengan jama'ah Rumah Gadang. 


Tahsin on the trip berjalan dengan suasana kesederhanan dan menikmati hidangan gorengan ala Padang rasanya ganyeng dan penuh semangat. Agar silaturahim tetap terjalin, saya mengundang Jama'ah Jama'ah Surau ke MHH. Ibarat main sepakbola itu ada home dan away.


Selesai ngaji bareng, kita foto di depan Surau. Berbicara Surau Padang teringat kisah Tokoh M. Yamin dan Buya Hamka tokoh bangsa yang menginspirasi dan menjadi pribadi mulia. Semoga dari Surau lahir insan-insan yang mulia. Waallaulam bishowab..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image