Fokus Pada Proses





Fokus Pada Proses 

Oleh: Sriyanto 


Ada pepatah, "Jika berfokus pada hasil,  tidak akan pernah berubah. Jika fokus pada proses, akan mendapatkan hasilnya."


Coba mari kita renungkan pelan-pelan, pepatah diatas, dalam aktivitas apapun jika yakin pada proses, tinggal menunggu hasilnya. Apabila hasilnya yang diingkan lebih dahulu, akan tidak punya pengalaman dalam proses menjadi hasil. Hal ini menjadikan proses lebih utama daripada hasil.


Misalkan dalam hal pendampingan pembuatan karya ilmiah di sekolah. Tahapan proses harus dilakukan oleh semua siswa agar memiliki pengalaman, bagaimana memahami karya ilmiah, menyusun judul sampai tahapan penelitian dan menyusun laporan.


Pekan kemarin dalam program INSPIRE (Innovate Student Project In Resecrh) memasuki tahapan ketiga. Pembekalan Materi Karakteristik Penelitian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan bidang Teknologi oleh guru-guru spesial di bidangnya. 


Harapan dari kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa kelas 8 SMP Al Hikmah Surabaya memahami karakteristik penelitian bidang IPA, IPS dan Teknologi. Setelah memahami ini siswa sudah memiliki gambaran untuk menentukan pilihan bidang karya yang diteliti.


Pada sesi tanya jawab, beberapa siswa sudah punya pilihan bidang yang diteliti dan langsung konsultasi judul. Namun, Sebagian besar siswa perlu ada bimbingan dan arahan untuk menentukan masalah yang dikaji dan penentuan judul.


Pada tahap berikutnya, semua siswa membentuk tim kelompok dan penentuan masalah yang diteliti atau judul penelitian dengan bimbingan guru pendamping di kelas masing-masing. Sampai nanti tahap penyusunan proposal dan laporan hasil penelitian.


Untuk meraih hasil terbaik, butuh proses panjang. Butuh ketelatenan dari pembimbing. Bukan bim salabim langsung jadi karya ilmiah. Langsung Juara. Tapi melalui proses yang terencana, mengikuti sesuai alurnya. Disitulah ada pengalaman berharga yang dapatkan. Paa gilirannya hasil akan menantinya.  Wallahu alam bishowab...


Kedungturi, 10 Agustus 2024


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image