Jalan Menuju Surga

Oleh: Sriyanto

Mendidik tugas mulia seorang guru. Senjata mendidik harus terus berguru. Alias belajar, belajar dan belajar. Pada kesempatan ini berguru pada Ustadzah Indah selaku Litbang YLPI Al Hikmah tentang penguatan peran guru dan wali kelas dalam proses mendidik.

Menurut beliau, peran wali kelas sangat strategis pembentukan karakter atau nilai-nilai. Wali kelas sebagai jembatan antara guru dan siswa. Siswa dengan siswa. Jembatan pimpinan dengan orang tua. Tentu mendidik tidak hanya tugas wali kelas, tetapi semua guru. Oleh karena itu butuh gerakan mendidik. Kenapa butuh gerakan? Tugas mulia itu tidak bisa dilakukan sendiri, tapi gerakan secara masif, "Ujarnya.

Tugas utama walikelas paling tidak ada tiga; Murobbi, Leader dan Manajer. Disingkat MLM. Tugas Murobbi bagaimana menanamkan nilai-nilai spiritual pada diri anak. Sebagai leader bagaimana menjadi pemimpin dan teladan di kelas. Menagemen dan mengelola administrasi kelas tugas sebagai manajer.

Dalam proses mendidik terkadang tidak sesuai harapan guru atau wali kelas. Banyak tantangan, terasa kondisi lelah atau putus asa. Jika mengalami kondisi demikian? Pesan beliau," kita harus menguatkan niat. Bahwa mendidik visinya karena Allah. Bukan semata tugas sekolah atau pimpinan. Sehingga harus minta pertolongan pada Allah SWT. Agar diberikan kekuatan terus mendidik. Barangkali tidak bisa berubah hari ini. Bisa jadi dikemudian hari. Sejatinya yang merubah hati siswa adalah Allah SWT.

Langsung saya teringat pesan KH. Maimun Zubair yang viral di medsos. "Yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik. Rekreasi yang paling indah adalah mengajar. Ketika melihat murid-murid menjengkelkan dan melelahkan terkadang teruji kesabarannya, namun hadirkan gambaran satu diantara mereka kelak menarik tangan kita menuju surga,".

Pesan yang sangat mendalam buat kita sebagai guru. Semoga ghiro mendidik terus membara. Di tengah arah terjal jalan berliku-liku, tak boleh putus asa. Ikhtiar proses mendidik Insyaallah dapat pahala dan jalan menuju surga. Waallaulam bishowab...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image