Uji Proposal


Oleh: Sriyanto

Ada pepatah awali perencanaan untuk mencapai tujuan. Jika tidak, sama halnya merencanakan kegagalan. Suatu perencanaan sangat penting meraih hal yang diinginkan. Dua hari ini dapat kesempatan menguji perencanaan penelitian atau proposal penelitian siswa kelas 8.

Ujian proposal ini menjadi tahapan penting dalam melakukan penelitian.  Setiap kelompok diuji setiap tahapan dilakukan. Sehingga ujian proposal penentuan apakah penelitian lanjut atau tidak. Kata dosen saya dulu, jika proposal selesai itu artinya 80% penelitian sudah jadi. Tinggal 20% melengkapi data dan analisis data. 

Satu penelitian dilakukan dua siswa, diuji oleh dua penguji. Setiap kelompok mendapat masukan mulai dari Judul, latarbelakang, rumusan sampai metodologi. Sebagian besar para siswa sudah memahami tahapan penelitian mulai bab 1 sampai bab 3. Tinggal mempertajam pada kajian pustaka dan metode yang digunakan.

Judul yang diajukan para siswa beragam dan menarik. Ada The Reel Singkong Keju. Membuat keju dari bahan singkong. Ada membuat spray dari Air beras dan minyak lavender. Ada yang buat pupuk organik  cair. Ada juga meneliti pengaruh Flexing terhadap gaya hidup. Ada yang menciptakan software anti Hacker. Dan lain sebagainya.

Dari ujian itu para siswa dilatih mempertahankan argumentasi apa yang ditulis. Dilatih mencari referensi dari berbagai jurnal. Dan bagaimana cara yang tepat untuk menggali dan mengelola data. Para siswa dipastikan memahami rencana yang sudah ditulis. Itu semua menjadi bekal dilapangkan memperoleh data.

Semoga perencanaan yang dibuat, akan mudah mencapai tujuan yang diharapkan. Saya yakin rencana yang baik, hasilnya juga baik. Waallaulam bishowab...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image