Warisan (Legacy) Karya



Oleh: Sriyanto

28 hari lagi akan terbit. Ibarat bayi mau, ini masa penantian. Semoga proses kelahirannya lancar. Bisa menjadi dambaan semua. Jika lahir bayi itu diberi nama Majalah Literasi.

Sebuah mimpi tiga bulan lalu ingin menerbitkan Majalah Literasi sebagai bagian gerakan literasi sekolah. Mimpi itu  terinspirasi dari sebuah sekolah MTsN 2 Jember-Jatim. Yang mendapatkan penghargaan madrasah model literasi dan kepsek pengggiat literasi tahun 2022 dari Media Guru Indonesia. Founder dan CEO Gurusiana.

Ingin tahu lebih dalam sekolah, saya berselancar via internet. Dari gambar foto sekolah terlihat sederhana. Bisa dibayangkan sekolah-sekolah Madrasah seperti apa. Namun, di websitenya luar biasa prestasi yang diraih. Berbagai penghargaan disabet baik tingkat propinsi maupun nasional.

Nah yang menarik program literasinya. Ada program satu siswa satu buku. Ada program satu guru satu buku. Buliten tiap bulan terbit. Karya siswa dan guru menghiasi. Yang menakjubkan sekolah itu mengelola Jurnal. Menerima karya dosen, guru, mahasiswa.

Dari situlah tergerak untuk membuat majalah literasi sekolah. Saya yakin  siswa dan guru hebat SMP Al Hikmah Surabaya bisa mewujudkannya. Tes perdana tiga bulan sekali terbit. Jika proses lancar, semoga bis terbit sebulan sekali.

Sekarang berbagai naskah tulisan guru dan siswa masuk. Sangat banyak naskah masuk, kesulitan memilih naskah terbaik karena rata-rata bagus. Berbagai rubrik didalam majalah literasi. Diantaranya ruang utama, ruang pimpinan, kolom opini, ruang guru penggerak, English Corner, BK Corner, Mimbar Agama, Reportase, Ruang OSIS, Cerpen, Puisi, Komik, dan teka-teki silang. Tema membumikan Literasi.

Saya menyampaikan terima kasih atas kerjasama guru dan siswa dalam penulisan naskah. Saat ini proses editing dan layout. Bismillah bisa terbit tgl 28 Oktober 2023 sebagai kado bulan bahasa. Semoga majalah literasi sekolah ini sebagai warisan ( legacy) karya. Waallaulam bishowab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image