AKSI SOSIAL

Aksi Sosial
Oleh: Sriyanto

Salah satu bentuk asesmen pembelajaran adalah unjuk kinerja. Pembelajaran PKn kelas 9 pada tengah semester ini yakni unjuk kinerja. Topik Perwujudan Pancasila di Masyarakat. Tujuan pembelajaran: Siswa dapat melakukan aksi sosial di kehidupan masyarakat sebagai Perwujudan Pancasila.

Sungguh luar biasa yang dilakukan kelas 9D dalam melakukan aksi sosial di masyarakat. Di luar dugaan, tantangan yang saya berikan dijalani dengan baik. Jauh dari prediksi saya. Ternyata siswa mengkreasi kegiatan dengan apik, tertata dan bermakna. Para siswa all out dalam aksi sosial.

Ada kelompok bentuk aksi sosialnya mengajar ngaji di TPQ Nurul Iman. Tidak hanya mengaji, para santri diajak bermain quiz. Kemudian lanjut wawancara dengan pengurus Takmir terkait program memakmurkan masjid. 

Kelompok satunya berkunjung ke panti asuhan. Aktivitas di sana sangat seru bermain tebak-tebakan wawasan Islam. Anak Yatim merasa terhibur kedatangan pemuda dari Al Hikmah Surabaya. Pengurus merasa senang sekali jika ada kegiatan sosial, ada donasi dan sembako yang diberikan. Ada juga Kelompok yang langsung action ikut membantu membersihkan karpet masjid, cuci kaca, dan rak-rak Al Qur'an.

Semua aksi sosial yang dilakukan saya yakin membekas sampai dewasa nanti. Secara tidak langsung ada pelajaran yang diambil. Pertama, melatih siswa mengorganisir kegiatan. Mulai dari konfirmasi dengan pihak pengurus. Mengatur waktu pelaksanaan, penggalan dana sampai pada tataran teknis kegiatan.

Kedua, melatih kepekaan sosial. Dengan menyantuni anak yatim, ada rasa kepedulian dan rasa syukur yang tak terhingga. Bahwa kondisi mereka susah payah memenuhi kebutuhan. Sedangkan dirinya sudah serba tersedia.

Ketiga, siswa ikut terlibat langsung kegiatan memakmurkan masjid. Bekal belajar Al Qur'an dan Tarjim di sekolah ada nilai manfaatnya yakni Mengajar ngaji di TPQ.

Keempat, melatih skill komunikasi. Aktivitas wawancara dengan pengurus masjid dan panti asuhan butuh keberanian dan skill tersendiri. Mulai menyiapkan draf pertanyaan, sampai cara bertanya. Jika terbiasa dilakukan akan menghilangkan rasa gugup dan canggung.

Semoga kegiatan aksi sosial menjadi pengalaman terbaik, menginspirasi dan menjadi amal jariyah yang terus mengalir. 

Berikut beberapa video pendek karya aksi sosial https://youtu.be/1D8rGs4kDgM dan https://youtu.be/SOnIbucCtwo?si=BvB0ejDI7MhU7U2Z

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image