Belajar Menulis

Belajar Menulis
Oleh: Sriyanto

Ada pepatah 1 teladan lebih baik 1000 nasehat. Dengan teladan bisa membawa pengaruh. Dengan teladan akan dipercaya orang lain. Teladan menjadi hal penting dalam kehidupan. 

Dalam keluarga misalnya orang tua harus jadi teladan atau contoh bagi anaknya. Menginginkan anaknya rajin ke Masjid, maka orang tua harus rajin ke masjid.

Begitu juga dalam hal menulis. Jika kita ingin mengajak siswa menulis, maka kita harus memberi contoh untuk menulis. Sering kali kita menasehati anak untuk menulis, tapi kadang kita tidak menulis maka nasehat itu menguap begitu saja.

Saya sendiri berusaha belajar menulis. Menulis apa saja. Pikiran yang ada di kepala berusaha saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Entah ide itu penting atau tidak. Dibaca orang atau tidak. Yang penting berusaha menjadi contoh mengajak siswa untuk menulis. Jika menginginkan tulisan siswa dimuat di media. Maka saya harus memberi contoh menulis di media. Jika ada buktinya, secara tidak langsung siswa akan meniru. 

Berdasar pengalaman, terkadang siswa kurang percaya diri dengan tulisannya. Takut dibaca orang lain karena bukan sebuah ide besar atau pikiran yang memukau. Hal seperti ini menjadi penghambat untuk menulis.

Padahal membuat tulisan yang baik butuh proses panjang. Tidak instan. Butuh kesungguhan. Butuh keistiqomah.  Jadi tidak perlu malu atau takut, toh tidak berdosa. Seperti saya cuek saja, apa kata orang. Di nilai positif atau negatif no problem. Yang terpenting nulis, nulis dan nulis. Dari terpaksa akan menjadi terbiasa. Waallaulam bishowab...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image