Laporan Penelitian

'Sampai siang ini hanya dapat sepuluh ribu mas. Datang ke lokasi naik angkot pulang pergi 17 ribu dari rumah," ujar salah satu pengemis.


Mendengar rintihan para pengemis, rasanya sedih dan menangis. Pagi jam 08.30 wib saya mendampingi siswa SMP Al Hikmah Surabaya dalam mengambil data wawancara dengan pengemis di dekat Masjid Al Akbar.


Siswa saya mengambil penelitian bidang sosial dengan Judul, 'Mengungkap Problematika Para Pengemis di Kawasan Masjid Al Akbar'. Ingin mengungkap problematika yang dihadapi para pengemis.


Profesi pengemis dilakukan bertahun-tahun. Lokasi pindah-pindah. Salah alasan mereka melakukan pengemis di kawasan itu merasa nyaman tidak ada obrakan satpol PP. Kalau di tempat lain selalu pengawasan satpol PP. Yang dilakukan ini alasan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan. Dan punya tanggungan BPJS, " salah satu pengemis.


Siswa saya mewawancarai empat pengemis. Yang sebelumnya berbagi nasi goreng dan diberi uang. Lanjut wawancara dan di dokumentasikan. Aktivitas ini bagian melatih siswa berani wawancara dengan orang tidak di kenal. Dari semua data nanti di tabulasi dan dianalisis sebagai laporan bab IV. 


Semoga pengalaman ini siswa kami semakin peduli pada sesama dan mampu mengelola data sederhana untuk laporan penelitian. Waallaulam bishowab..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image