Refleksi Bulan Bahasa

Refleksi Bulan Bahasa
Oleh: Sriyanto 

Bulan Oktober dikenal sebuah bulan Bahasa. Dimana ada peristiwa bersejarah, Bahasa Indonesia dijadikan Bahasa pemersatu bangsa. Tanggal 28 Oktober 1945 diikrarkan sumpah pemuda. Salah satu bunyinya.” Kami putra-putri Indonesia menjujung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Inilah landasan mengapa setiap bulan Oktober diperingati sebagai bulan Bahasa dan Sastra Indonesia. 

Betapa pentingnya memiliki bahasa persatuan yang menyatukan seluruh rakyat Indonesia sudah disadari oleh para pendiri bangsa. Oleh karena itu, salah satu ikhtiar yang dilakukan SMP Al Hikmah Surabaya Mengadakan Refleksi Bulan Bahasa dan Launching Majalah Literasi bagian dari membumikan literasi di sekolah.

 Tujuan Kegiatan ini pengembangan budaya literasi sekolah dengan kreatifitas siswa. Dan Terbitnya Majalah Literasi sebagai media bagi guru dan siswa untuk terus berkarya dalam berliterasi.

Acara Refleksi dikemas dengan tampilan musikalisasi Puisi, Drama, Pitutur Jawa, Story Telling mendapat sambutan yang meriah dari audien. Patut diapresiasi tampilan kreativitas siswa-siswi SMP Al Hikmah Surabaya. Khusunya Anak OSIS kolaborasi dengan Klub Pecinta Buku (KPB).

Tampilan drama yang bintangi Rafi, dkk membuat suasana riuh, lucu dan tertawa riang. Bagaimana tidak menampilkan karakter seorang anak suka game, berani orang tua. Kemudian berubah menjadi anak yang sholeh, rajin belajar dan suka membaca. Berkat nasehat orang tua dan usahanya berhasil meraih tertinggi di kelas. 

Tak kala menarik tampilan puisi yang menjiwai membuat suasana hening dan sunyi. Pitutur Jawa yang disampaikan Zaema monolog dengan sosok Bagong menjelaskan pentingnya literasi. 

Acara terakhir ditutup dengan launching Majalah Literasi. Terbit edisi perdana dengan tema membumikan Literasi. 

Kerjasama yang ciamik tim Literasi, OSIS, KPB dan di support Pimpinan dan Ustadz-Ustadzah acara tersebut berjalan dengan lancar. Semoga menginspirasi dan terus berliterasi. Waallaulam bishowab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image