Setiap Anak Unik

"Semua orang dilahirkan unik dan bisa tampak spesial dengan cara masing-masing." - Felice Cahyadi-


Seorang anak berwajah tampan dan rupawan. Usianya 10 tahun. Kalau sekolah formal sudah kelas 5. Saya dapat informasi pernah daftar sekolah Islam terbaik di Surabaya tidak diterima. Membuat sakit hati Ibunya.


Anak tersebut tidak diterima, alasannya berdasar hasil tes ada indikasi mengarah ke autis. Sehingga tes seleksi masuk sekolah tidak lolos. Akhirnya Ibunya memutuskan sekolah homeschooling.


Ada 'keistimewaan' pada dirinya. Terlihat saat mengaji di TPQ. Kebetulan Murid Istri mengaji. Tidak pernah diam alias aktif. Selalu keliling. Terkadang main fisik dengan temannya. Jika merasa salah badannya dipukui sendiri sampai memar. Kehilangan kendali, semua orang di sekeliling tidak bisa ngatasi. Pembantunya yang menemani keseharian juga menyerah. Heboh kalau dirinya sudah marah.


Dibalik semua itu, ada sikap yang luar biasa ditunjukkan. Anak itu Fasih berbahasa Inggris. Keseharian sering komunikasi dengan orang tuanya bahasa Inggris. Menyayangi kucing. Berkat kesayangan itu cita-citanya ingin jadi dokter hewan. Sebelum ngaji selalu jemput gurunya. Saat ngaji selalu menata meja dan merapikan setelah pulang. Terkadang Memberi sesuatu.


Dibalik kelemahan, ada keistimewaan yang luar biasa. Ini menandakan bahwa setiap anak unik. Hikmahnya mari kita melihatnya anak dari segi positifnya. Memahami kondisi anak hati, tidak emosi. Mendidik dengan tulus, tak pernah putus. Yakinlah bahwa kebaikan itu akan kembali pada diri kita. Waallaulam bishowab...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image