Tanam Literasi

 


Oleh: Sriyanto
Hari Sabtu kemarin, menemani Hanif acara seminar daring. Acara di gagas Penerbit Mizan dengan Projek Kecil-kecil punya karya (KKPK). Tema yang diusung ' Tanam Literasi, Tuai Literasi'.
Salah satu Narasumber yakni Ustadz Ammar Kepala Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Bercerita tentang pengalaman mendampingi siswa masuk program KKPK. Tahun ini berhasil meloloskan 17 siswa yang lolos KKPK. Termasuk Karya Hanif, sedang proses cetak. Sekolah memiliki peran dalam gerakan literasi pada guru dan siswa.
Pembicara lain dari orang tua Mutiara Syabani. Panggilan Kak Muti. Penulis cilik punya karya 52 buku. 50 diterbitkan oleh Mizan. 2 buku diterbitkan penerbit lain. Pengalaman yang dibagi oleh Ibu Anisa, sejak kecil sering di dongengi saat menjelang tidur. Sering dibacakan buku di rumah. Sehingga sejak sekolah dasar (SD) sudah membuat coretan cerita di buku tulis. Dengan banyaknya coretan itu ada ide diketik, dan diikutkan lomba akhirnya menang. Dari situlah ada jalan untuk menulis bersama teman-teman dalam wadah KKPK.
Ibunya menyadari bahwa menanamkan giat membaca dan menulis bukan soal gampang. Harus diawali dari orang tua suka baca dan menulis. 'Awalnya anak penolakan, mama saja tidak baca. Menyuruh baca. Akhirnya mau tidak mau ya jadi contoh bagi anak," cerita Ibu Anisa.
Narasumber terakhir, penulis muda bernama Fayana Ailisha Davianny. Penulis 55 buku. Sukses awal dari KKPK bersama Mizan. Berkah karya berbagai prestasi yang diraih. Menjadi Inspirator Anak Jawa Barat 2021, Putri Pendidikan Remaja Indonesia 2021, Tokoh Anak Inspiratif Anugerah KPAI 2022. Dan siswa sekolah staf Presiden Angkatan pertama.
Dengan berbagai pengalaman yang dilalui penyampaian materi sangat inspiratif. Bagaimana menjaga konsistensi menulis. Management waktu kegiatan. Sehingga bisa berjalan seiring tidak meninggalkan waktunya.
Edisi webinar itu sangat bermanfaat, berbagai guru dan orang tua di luar Jawa banyak yang ikut dan antusias dengan pertanyaan yang diajukan. Semoga acara itu bisa menginspirasi Mas Hanif untuk menulis. Khusunya saya sebagai orang tua harus jadi teladan dalam Literasi. Waallaulam bishowab..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image