Hidup lebih hidup

Hidup lebih hidup

Oleh: Sriyanto

Hari demi hari. Bulan demi bulan. Tak terasa memasuki tahun 2024. Bersyukur saya masih diberikan umur panjang. Bersyukur masih diberi kekuatan iman dan Islam. Lantas apa yang bisa kita lakukan jika diberi umur panjang?. Apakah hanya mengalir begitu saja mengikuti waktu yang berjalan? Apakah tahun demi tahun tak memiliki visi hidup?. Pertanyaan ini patut menjadi muhasabah diri di awal tahun baru.


Seorang penulis Amerika terkenal Alan Lakein dengan karyanya tentang manajemen waktu. Quotenya bisa membius orang. Ia menganggap Time is life. Waktu sama dengan hidup. Artinya membuang waktu sama halnya membuang hidup. Menguasai waktu akan menguasai hidup. Motivasi ini patut menjadi renungan bersama.


Berbicara tentang waktu, saya terngiang-ngiang surah di dalam Al Qur'an. Yakni Al-Ashr 1-3. Suratnya pendek tapi syarat penuh makna. Surah Al-Ashr mengingatkan manusia apakah ingin bahagia atau dalam kerugian?. Sejatinya semua manusia memiliki potensi untuk merugi, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal baik untuk saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. Sehingga, secara garis besar, agar hidup lebih bermakna memperbanyak amal Sholih yang didasari iman.


Lantas apa yang kita optimalkan waktu yang ada? Sebagai manusia hendaklah mengisi waktu dengan kegiatan yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebab jika tidak, maka kelak akan merugi dan celaka dikemudian hari. 


Begitu pentingnya sebuah waktu, seyogyanya kita banyak menabur benih-benih kebaikan di muka bumi. Tanpa melihat perbedaan ras, suku, agama dan antar golongan. Tanpa melihat besar kecilnya amal perbuatan. Yang terpenting kita niatkan mencari ridho illahi. Semoga di tahun 2024 hidup ini lebih hidup. Jangan sampai kita seolah-olah hidup, tapi sejatinya mati. Waallaulam bishowab...

Sidoarjo, 01 Januari 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image