Survive

Bersyukur tergabung dalam tim pengembang SMP Al Hikmah Surabaya. Tgl 29-30 Desember 2023 melaksanakan rapat kerja (raker) di SMA Broading School Batu-Malang. 


Fokus yang dibahas dalam raker adalah membahas Visi-Misi dan renstra lima tahun kedepan. Melibatkan beberapa pimpinan dan perwakilan dari guru. Sebuah hal positif dalam perumusan visi misi sekolah agar ada rasa memiliki.


Visi Misi bukanlah kitab suci yang tak bisa dirubah. Tapi menjadi sebuah keharusan untuk dirubah, jika terjadi perubahan zaman. Oleh karena itu SMP Al Hikmah Surabaya ingin merekonstruksi Visi misi dan renstra sesuai perkembangan zaman agar keberlangsungan organisasi atau sekolah bisa survive sepanjang zaman.


Membahas Visi-Misi saya teringat sepuluh tahun lalu. Saat saya berkerja di sekolah swasta yang jumlahnya hampir 1500 siswa. Setiap angkatan pendaftar siswa baru hampir 500 siswa. Saat itu masih boleh masuk pagi dan siang. Namun saya merasakan kinerja organisasi sekolah hanya orientasi pada jumlah siswa, tanpa memperbaiki kualitas. Mengabaikan visi misi. Apalagi dikelola dengan sistem kekeluargaan. Jelas kondisi ini tidak sehat dan tak bisa umur panjang. Kemudian Saya hijrah ke sekolah Islam yang sampai saat ini bergabung dalam barisan dakwah.


Lima tahun lalu saya  dapat kabar, sekolah yang siswanya ribuan itu tinggal nama alias bubar. Banyak persoalan aset di sita dispendik kota Surabaya. Inilah sebuah ibro bahwa lembaga pendidikan tak hanya berharap jumlah siswa banyak. Akan tetapi terus meningkatkan layanan dan kualitas pendidikan. Disinilah pentingnya sebuah Visi-Misi untuk dijadikan pegangan atau pedoman mencapai tujuan itu  sesuai zamannya agar tetap survive dan turut andil membangun peradaban. Waallaulam bishowab...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image