AGPPI

Tadi malam ada agenda Kopdar. Kalau komunitas RVL menyebut kopi darat. Tapi bukan itu yang dimaksud, kopi daring (kopdar) bersama AGPPI Jatim. Alias ngopi dirumah masing-masing sambil ngobrol santai.


AGPPI adalah Asosiasi Guru Pendidikan Pancasila Indonesia. Organisasi ini dipelopori guru-guru muda yang berkomitmen pengembangan pendidikan khususnya pada mata Pelajaran Pancasila. 


AGPPI sebuah komunitas belajar yang sebelumnya dari AGPPKnI (Asosiasi Guru PPKn Indonesia). Perubahan nama merupakan hasil Keputusan Munas pertama AGPPKnI pada tanggal 14 Desember 2023 di Jogyakarta.


Perubahan nama AGPPKnI menjadi AGPPI pada akhir tahun 2023, dikarenakan menyesuaikan dengan nama mata Pelajaran di Kurikulum Merdeka yang berganti nama dari PPKn menjadi Pendidikan Pancasila.


Dalam struktur pengurus yang saya kenal, Ketua AGPPI Jatim yakni Mas Ryan Aminullah Yasin. Guru SMKN 1 Trenggalek. Pernah ketemu di saat lomba Anugerah Konstitusi 2016. Saat itu mewakili Jatim. Beliau guru berprestasi. Setiap even lomba sering ikut dan menang. 


Sedangkan wakil ketua Mas M. Hari Purnomo. Alumni Unesa Adik kelas saya. Sekarang mengajar di SMKN 1 Sidoarjo. 

Prestasinya juga luar biasa. Sekarang menjadi fasilitator guru penggerak. Sudah melanglang buana di luar Jawa dalam pelatihan guru penggerak. Rasanya pengurusnya dihuni guru-guru Jatim yang berprestasi dan berdekasi. Baik yang pernah ikut Inobel atau guru penggerak.


Dua bulan lalu, Mas Hari menawarkan pada saya masuk pengurus AGPPI Jatim. Dalam hati saya selama kegiatan positif dan kebermanfaatan tak ada masalah. tanpa pikir panjang saya terima tawaran itu. 


Tadi malam pertemuan perdana untuk menyatukan pemahaman dan satu visi ikut terlibat aktif AGPPI Jatim. Selanjutnya dalam waktu dekat akan kopi darat merumuskan Anggaran Dasar/anggaran rumah Tangga (AD/RT) dan lain sebagainya.


Tentu saya harus banyak belajar bersama guru-guru hebat. Yang terpenting bis bermanfaat. Sebagaimana sabda Nabi, sebaik-baiknya manusia bermanfaat bagi orang lain. Bukankah begitu? Waallaulam bishowab...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image