Bermanfaat Bagi Umat

Oleh: Sriyanto 
Salah satu kebahagian guru, ketika siswanya sukses. Guru sebagai perantara bagi siswa mencapai impian yang mulia. Guru tetap guru, siswa bisa menjadi apa saja. Begitu mulianya seorang guru. 

Hari ini saya bersama guru lainnya mendapat undangan, dari salah satu murid di rumah makan. Undangan sebagai bentuk syukur dan mohon doa restu ikut dalam pesta demokrasi 2024. Menjadi calon legislatif (Caleg) DPRD kota Surabaya.

Rasanya kaget dapat kabar itu, masih muda sudah berani menjadi Caleg. Namanya Bagas Iman Waluyo. Daerah pemilihan 3 dari partai 'A'. Usianya masih 24 tahun. Saya tanya mbak google, Bagas termasuk Caleg termuda se-Indonesia. Saya sebagai wali kelasnya ikut bangga.

Saya teringat masa lalu, saat masih kelas 9 SMP anak ini luar biasa. Selalu ranking 2 dari bawah. Kalau mengajar butuh energi lebih dan kesabaran. Suka main bola. Temannya banyak dan suka memberi. Kalau sekarang menjadi seorang sukses. Tentu ini menjadi pelajaran buat semua guru. Jangan pesimis dan skeptis terhadap anak yang nilai akademis tak mumpuni. Namun perlu digali potensi lain yang Allah berikan pada setiap anak.

Yang saya dengar, sekarang Bagas meneruskan usaha Ayahnya mengelola pom bensin dan usaha lainnya di Surabaya. Karena ada salah satu partai yang meminang untuk maju menjadi Caleg. Kesempatan itu langsung diterima. Saatnya yang muda memimpin semboyannya.

Tim suksesnya luar biasa dari teman sendiri. Para alumni Al Hikmah Surabaya. Yang saya tahu, mereka dulu satu kelas dengan Bagas. Patut diapresiasi yakni begitu solid mereka bersama berjuang untuk kesuksesan temannya. Tentu modal dasar mereka bisa sukses bersama.

Tentu mencalonkan diri ini atas izin orangtua khususnya Ibunya. Pesannya bermanfaat bagi orang banyak. Jika tidak mampu, bermanfaat untuk sebagian orang. Jika tidak mampu bantulah satu orang. Jika tidak mampu, jangan menggangu orang. Itulah pesan Ibunya yang disampaikan Bagas dalam sambutannya. Sebagai guru hanya bisa mendoakan. Jika di takdirkan menjadi anggota dewan kota Surabaya, semoga amanah dan bermanfaat bagi umat. Wallahu alam bishowab....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image