Cerpen Antikorupsi

Cerpen Antikorupsi

Oleh: Sriyanto


Korupsi menjadi persoalan serius di negeri ini. Karena dampaknya meluas pada segala aspek kehidupan. Pendidikan, sarana dan prasarana sampai pada kesejahteraan. Pejabat korupsi sekarang ini tak punya ras malu. Hampir semua level tersandung korupsi. Baik kepala daerah, kementerian, anggota dewan. Yang lebih parah lagi ketua KPK menjadi tersangka. Tak bisa membayangkan lembaga yang punya amanah memberantas korupsi justru berbuat korupsi.


Ada dua cara pemberantasan korupsi. Satu penindakan, kedua pencegahan. Cara pertama bisa dilakukan lembaga negara. Sedangkan cara yang kedua rasanya bisa dilakukan seorang guru dan orang tua, melalui penanaman nilai anti korupsi sejak usia dini.


Buku Cerpen Judul Pahlawan Anti Korupsi yang ditulis oleh Sudomo (2018) bisa menjadi rujukan untuk mengamalkan nilai-nilai anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. Buku yang dikemas menarik, alur cerita yang membuat penasaran, berbasis realita terjadi dan penuh nilai hikmah layak untuk integrasikan dalam mata pelajaran. Bagi orang tua bisa digunakan untuk bahan dogeng sebelum tidur menanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, dan mandiri.


Penulis yang berlatar belakang seorang guru Lombok Barat sangat mempengaruhi isi cerita. Rasanya cerita diambil dari kisah nyata keseharian yang sering dialami anak sekarang. Dilengkapi lembar khusus buat refleksi untuk mempercepat pemahaman nilai antikorupsi.


Buat kita yang belajar menulis, bisa menjadi inspirasi untuk membuat cerpen yang sejenis dikumpulkan jadi buku bisa diajarkan ke anak-anak didik. Sekaligus bagian pencegahan korupsi sejak dini. Waallaulam bishowab....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image