Lawak Modern

Oleh : Sriyanto

Era Millenial saat ini muncul istilah baru. Istilah anak muda bikin kepo. Terkadang saya sendiri kurang paham. Misalnya istilah Roasting. Apakah anda paham istilah itu? Timbul penasaran akhirnya tanya mbak google. Roasting bisa diartikan metode stand up yang yang digunakan oleh komedian untuk menyerang seseorang, namun dengan cara yang unik. Berupa candaan atau 'gojokan untuk menghibur penonton.

Beberapa hari viral roasting Kiki Saputri terhadap pejabat negara. Di TikTok, Instagram atau YouTube. Terbaru Kiki Saputri Roasting Anies-Cak Imin. Cak Imin dikuliti habis sama Kiki, begitu juga Anies. Kalau ditonton bikin tertawa sendiri. Dan tak bosan melihatnya. Bisa dilihat jejak digitalnya.


Ternyata tak hanya Anies yang Roasting, Ganjar pun juga di Roasting Kiki diacara Lapor Pak. Begitu juga Kaesang Pangarep dikupas habis sama Kiki. Termasuk pejabat negara lainnya. Saya belum lihat Roasting Prabowo. Kalau saya amati bukan menyerang negatif. Tetapi kritik dengan nada jenaka alias guyon.


Kiki Saputri salah satu komedian jadi buming di jagat medsos. Apa yang melatarbelakangi Ia jadi komedian?. Pengakuan Kiki di acara mata Najwa. Sebelumnya jadi guru, ketika mau menikah tiba-tiba batal. Sedih bukan main. Akhirnya untuk menghibur dirinya sering melihat stan up komedi. Bahkan hadir secara langsung di lokasi. Suatu ketika acara berlangsung Kiki diminta tampil dipanggung, bekal jadi guru yang tak canggung dihadapan orang banyak. Tanpa beban menyampaikan sesuatu membuat orang tertawa dan terhibur. Dari situlah mengikuti audisi stand up komedi dan diundang berbagai acara televisi.


Roasting pejabat sekarang jadi viral. Kalau dulu ada Kirun, Kartolo, Agus Kancil dalam acara ludruk hiburan wong deso. Sekarang generasi Z ada Stand Up komedi yang dikembangkan dalam bentuk Roasting seseorang. Dalam kondisi sumpek, sedih, stres akibat pekerjaan saran saya lihat Roasting Kiki bikin lepas penat. Roasting Kalau boleh saya sebut lawak modern. Waallaulam bishowab...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image