Suara Demokrasi

Suara Demokrasi

Oleh: Sriyanto

Saat dapat amanah dari sekolah mewawancarai calon ketua OSIS ada hal yang menarik. Masing-masing kandidat menyampaikan gagasannya terkait wawasan kebangsaan, teknologi dan kemajuan organisasi.


Jumlah kandidat calon ketua OSIS (Ketos) delapan siswa putra dan delapan siswi. Dari enam belas calon, di seleksi menjadi delapan kandidat yang mengikuti tahap selanjutnya yakni kampanye debat dan pemilihan.


Pemilihan Ketos didesain sebagaimana pemilu yang diselenggarakan pemerintah. Mulai Penjaringan Calon ketos-Wawancara-Kampanye-debat-Pemilihan.  Kegiatan ini sekaligus masuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi.


Menurut catatan saya, ada tiga hal yang menarik dari calon kandidat: Pertama, gagasan Growth Your World. Anak OSIS harus tampil diajang dunia. Dengan cara mengikuti event Internasional baik lomba maupun forum-forum yang membahas isu Internasional. Saya menilai ide ini spektakuler, mendorong siswa untuk berkiprah event Internasional. OSIS menjadi pelopornya. Sedangkan mengikuti forum internasional ini yang belum rasanya sulit dilakukan. Tapi minimal ada ide cemerlang yang muncul.


Kedua, Podcast. Sejak pademi Covid banyak kreasi baru dalam dunia digital. Salah satu acara yang buming yakni Podcast. Sebagai media dialog yang membahas isu kekinian. Harapan OSIS membuat podcast dimana kontennya mengulik peran pemuda untuk bangsa. Menghadirkan anak muda yang berprestasi agar menjadi motivasi dan inspirasi dikalangan pemuda. Sekaligus ini memanfaatkan teknologi agar OSIS dengan kenal secara luas.


Ketiga, Fokus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini FGD dilakukan internal anak OSIS untuk menguatkan wawasan kebangsaan. Karena OSIS menjadi pelopor dan teladan maka harus memahami kondisi bangsa dan negara. OSIS bagian terkecil dari organisasi yang harapan menyumbang ide untuk bangsa. Dalam forum itu bisa mengundang guru, orang tua dan para tokoh yang berpengaruh. Dari situlah jiwa nasional terpatri dalam hati para anggota OSIS.


Itulah sekelumit pengalaman, saat wawancara dengan kandidat ketua OSIS. Semoga gagasan itu bisa terealisasi dan menjadi inspirasi program kerja OSIS yang lainnya. Waallaulam bishowab...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image