Warung Ngembeh

Warung Ngembeh
Oleh: Sriyanto

Rumah Virus Literasi (RVL) membuat saya tidak bisa tidur. Mengapa? merasa punya hutang belum setor tulisan hari ini. Komunitas ini mendorong pada semua peserta tiap hari setor satu tulisan. Dan ada petugas rekap, siapa yang sudah setor, siapa belum. Jadi merasa tertantang untuk menulis. Agar tidak punya hutang.

Sejak pagi, rasanya belum ada ide yang menarik untuk ditulis. Ketika Founder RVL menulis tentang kuliner. Pikiran saya langsung menu Rawon. Rasanya ingin mengulas pengalaman kuliner saat liburan.

Bagi yang suka kuliner, jika ditanya makanan Rawon terkenal di Surabaya? Pasti anda tahu jawabannya. Rawon Setan atau Rawon pangkat. Yang sudah terkenal secara nasional. Rasanya tiada dua.

Penikmat Rawon perlu mencoba Warung Ngembeh. Yang tak kalah rasanya dengan Rawon setan. Nama Ngembeh diambil dari nama dusun yang terletak di kecamatan Dlanggu Mojokerto. Bagi yang rekreasi di daerah Pacet atau Trawas rasanya kurang afdol jika tidak mampir ke rawon ngembeh.

Saya sudah merasakan, saat liburan kemarin, pengunjung ramai sekali sampai antri. Untungnya pelayannya banyak sehingga tak menunggu lama. Ciri khas Rawon Ngembeh diberi dua iris daging empal dan dua limpa goreng dan Porsi nasi jumbo. Harga relatif murah dan rasanya cetar membahana. Kami berlima pesan lima porsi plus minum dan kerupuk cukup mengeluarkan uang tujuh lima ribu. Rata-rata satu porsi lima belas ribu. Dalam batin saya kok murah banget. 

Barangkali ini menjadi daya tarik orang makan disitu harga murah dan rasanya enak. Warung itu langganan pegawai ASN kalau makan siang. Selain Rawon, warung Ngembeh menyediakan soto dan pecel ikan daging. Menu utamanya adalah Rawon.

Rawon termasuk makan khas Jawa Timur. Rawon tidak hanya menghadirkan cita rasa yang istimewa, tetapi juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Sebagai salah satu kuliner tradisional Indonesia, rawon telah merambah ke berbagai lapisan masyarakat dan menjadi bagian dari identitas kuliner nusantara.

Dengan cita rasa yang khas dan nikmatnya, rawon tetap menjadi favorit di banyak lidah pecinta kuliner Indonesia. Rawon Ngembeh bisa jadi alternatif. Penasaran silakan mencoba!. Waallaulam bishowab...

Komentar

  1. Menarik pak, bisa sebagai acuan dan contoh untuk saya yang masih belajar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image