Aset Masjid

Aset berharga bagi muslim bukan terletak megahnya bangunan masjid. Bukan banyaknya kas masjid. Tapi memiliki Remaja masjid (Remas) yang mampu memakmurkan masjid. Di sekeliling kita sering menjumpai bangunan masjid mewah, tapi kosong penguninya. Jama'ah cuma sekelintir. Kegiatan tak begitu banyak bermanfaat baginumat. Rata-rata yang aktif generasi tua. Padahal generasi tua tak selamanya bisa melanjutkan. Ada masa batas usia. Perlu sekiranya ada proses kaderisasi. Menyiapkan generasi selanjutnya. Oleh karena itu mengoptimalkan peran remas sebuah keharusan.


Salah satunya caranya memberikan tantangan mengelola kegiatan di masjid. Alhamdulillah kemarin tantangan yang diberikan pada sobat remas Hikmatul Hakim oleh pengurus terselesaikan dengan baik dan berjalan lancar. Mengelola kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H dengan mengadakan lomba Tahfidz dan Mewarnai.


Patut diapresiasi mulai rancangan kegiatan dikelola sobat remas. Membuat proposal, brosur, spanduk, sertifikat, pesan piala, konsumsi, sebagai MC dan Juri semuanya diambil alih Remas. Ternyata Remas bisa melampaui itu. Selaku Takmir angkat topi karya yang ditunjukkan sobat Remas. Meskipun banyak jama'ah ragu dan pesimis. Tapi keraguan itu di jawab dengan fakta yang mengejutkan.


Sobat Remas termasuk Generasi Millenial. Tentu harus  memahami pola kerjanya tak bisa di dikte, tapi perlu diberi kepercayaan untuk mengatur kegiatan. Mereka punya strategi dan cara sendiri. Jauh diluar pemikiran generasi tua. Hasilnya diluar ekspektasi. Sebagai pengurus, saya punya kepercayaan jika remas diberi ruang atau falisitas untuk berekspresi akan berlari dengan kencang. Tentunya dibatasi dengan nilai-nilai kemasjidan.


Tugas selanjutnya sobat remas menyusun program kerja khususnya berperan aktif bulan ramadhan. Sebagai apresiasi dilakukan di Villa Taman Dayu milik salah satu Jamaah MHH. Semoga ikhtiar ini menjadi sobat remas semakin semangat memakmurkan masjid. Dan menjadi anak muda hatinya selalu terpaut dengan Masjid. Dan itulah termasuk tujuh golongan dapat naungan dari Allah SWT. Waallaulam bishowab 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image