SMART

Melihat Zahra dan Hana presentasi dan kepiawaian dalam menjawab pertanyaan dari dewan juri tambah yakin bisa Juara. Akan tetapi keyakinan itu tidak boleh mendahului takdir. Bisanya hanya tawakal pada Allah SWT. Manusia hanya berusaha dan berencana, tapi takdir Allah hal terbaik.


Menjelang pengumuman para Juara. Bertemu salah satu dewan juri KTI. Rupanya beliau alumni Universitas Negeri Surabaya. Angakatan 1999. Sempat ngobrol singkat. "Karya siswanya bagus. Sangat menginspirasi. Membuat media sederhana buat anak Autis,' ujarnya. Saya sampaikan terimakasih atas apresiasinya. Dan beliau menyampaikan hasilnya terbaik. Tunggu saja pengumuman.


Mendengar jawaban itu, ada tanda baik. Zahra dan Hana senang sekali. Hasil terbaik perlu dibuktikan dari pengumuman panitia. Saat itu diumumkan mulai dari Juara harapan 1, 2,3. Lama tidak dipanggil. Bikin penasaran. Panitia menyebut Juara 1 dari Surabaya. Rasanya terharu. Lunas terbayarkan, perjuangan selama bimbingan. Butuh kesabaran menunggu mulai pagi sampai menjelang magrib. Rasa lapar, lelah langsung hilang mendengar kabar gembira itu. 


Saya sendiri punya keyakinan meriah Juara. Dilihat dari judulnya saja sudah memikat dewan juri. Judulnya " Efektivitas Media 'SMART' untuk melatih konsentrasi Anak Autis di TK Galuh Handayani Surabaya. SMART sebuah akronim dari bahan yang dibuat media. Karya ini masih orsinil. Saya cek di jurnal scholarship belum ada yang membuat. 


Landasan teori juga kuat. Pendekatan yang digunakan kombinasi Terasi Appelid Behavior Analysis (ABA) dan Terapi Sensorik Integrasi. Pendekatan ini sering digunakan dalam penanganan khusus anak Autis.


Media SMART yang digunakan dengan permainan sederhana dan anak autis tertarik dan bis kosentrasi. Secara umum masalah utama anak Autis yakni kosentrasi. Hasil dari 10 responen, 9 anak mengalami peningkatan dan 1 anak tidak mengalami perkembangan. 


Data analisis dilaporkan secara lengkap. Apalagi dilengkapi dengan video saat praktik bersama anak autis di TK Galuh Handayani Surabaya. Dewan juri tertarik melihat sampai selesai. 


Karya ini sangat bermanfaat di dunia pendidikan. Dapat dijadikan media pembelajaran bagi anak Autis. Bisa dibuat dengan bahan sederhana dan murah bagi guru dan orang tua. Itulah pengalaman singkat pendampingan lomba KTI sampai Juara. Waallaulam bishowab...


Kedungturi, 24 Februari 2024



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image