DOME

Dakwah on the Mosque (DOMe) program baru SMP Al Hikmah Surabaya di bulan ramadhan. Tujuannya syiar ke masjid sekitar tempat tinggal siswa berada. Selain itu juga menjalin silaturahim, dan menebar kebaikan warga sekitar.

Bentuk kegiatan sangat beragam. Mulai dari menjadi petugas Adzan, menjadi imam dan mengajar mengaji di TPQ. Ada juga bermain kuis Islami, menata sandal jama'ah dan ikut terlibat pembagian takjil. Bersih-bersih area masjid. Dan kegiatan lainnya, Intinya siswa terlibat aktivitas di dalam masjid tersebut.

Kebetulan kemarin Masjid Hikmatul Hakim di perumahan saya ketempatan program DOMe kelas 7H. Acaranya sangat seru banget, Santri TPQ antusias sekali sampai-sampai beberapa santri TPQ menawarkan kapan kesini kembali.

Persiapan DOMe para siswa berkumpul dari sekolah, lalu menuju lokasi. Sampai di masjid menjelang sholat Ashar dan langsung ikut sholat berjamaah dengan santri TPQ dan jama'ah lainnya.

Setelah sholat ashar, acara seremonial sambutan perwakilan masjid dan dari sekolah. Dari masjid di wakili oleh Ustadz Anuf Abdul Ghofar, selaku sie pendidikan. Beliau menyampaikan terimakasih atas kerjasama dalam kegiatan DOMe. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi santri TPQ. Dan juga melatih siswa untuk berinteraksi dengan anak-anak yang belum dikenal.

Kemudian dilanjutkan, cara inti DOMe dikemas seperti pesantren ramadhan. Para santri diajak tilawah bersama. Lalu ada juga yang story telling kisah Nabi dari kakak SMP Al Hikmah. Kemudian para santri diajak role play dibuat kelompok. Perkelompok didampingi siswa. Kegiatan seru banget. Para santri sangat senang dan ceria. Apalagi Kak SMP membagikan doorprize bagi yang bisa menjawab, kondisinya sangat menyenangkan. 

Banyak doorprize yang diberikan pada santri. Para santri Asyik dan menikmati kegiatan Kak SMP Al Hikmah. Kegiatan berlangsung kurang lebih dua jam. Menjelang berbuka, Kegiatan diakhiri dan ada serah terima ucapan terima kasih dari sekolah maupun dari masjid.

Acara selanjutnya buka puasa bersama dengan guru dan santri TPQ Hikmatul Hakim. Buka puasa dilakukan di lantai 2. Para siswa dan santri duduk saling berhadapan. Kemudian kue dan nasi kotak dibagikan. Saat dikumandangkan adzan para santri dan siswa berbuka takjil. Lalu sholat magrib berjamaah.

Setelah sholat magrib, lanjut bukber yang sudah dihidangkan alias 'makan besar'. Selanjutnya para siswa membersihkan sampah bekas bukber. Ada yang angkut sampah, nyapu dan ngempel sampai bersih karena area digunakan untuk sholat tarawih. Kemudian semua siswa melaksanakan sholat tarawih dan mendengarkan Kultum. 

Itulah sekilas aktivitas DOMe di Masjid Hikmatul Hakim. Semoga siswa mendapatkan pengalaman yang berharga, menambah rasa peduli pada sesama dan menebar keberkahan. Waallaulam bishowab...

Kedungturi, 29 Maret 2024.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image