Hikmah Ifthor Jama'i

Hikmah Ifthor Jama'i
Oleh: Sriyanto

Bersyukur tadi malam, mendapat undangan ifthor jama'i (buka puasa bersama) di salah rumah siswa kelas 8D SMP Al Hikmah Surabaya, bernama Ananda Kevin. Ifthor jama'i salah satu program sekolah di bulan ramadhan untuk merajut silaturahim dan memperat hubungan orang tua dengan sekolah.

Konsep desain kegiatan ifthor jama'i tidak sekedar makan-makan, tapi acara dimulai dengan Tadarus bersama, perkenalan keluarga yang ditempati, teman-teman sekelas dikenalkan dengan keluarganya. Tausyah Ramadhan. Dan yang paling istimewa dalam kegiatan ini yakni belajar kisah sukses dari orang tua.

Ayah dari Mas Kevin bernama Ir. Joko Rahardjo, MT. Lahir di Jogyakarta. Desa dekat Klaten. Suatu desa yang sumber utama pertanian. Beliau menjelaskan masih kecil di didik kerja keras, selalu membantu orang tua di sawah. Displin membersihkan kamar tidur dan halaman rumah. Malam hari digunakan untuk belajar. Sampai-sampai tak sempat bermain. Dulu memang tidak punya HP. Saya bersyukur di gembleng bapak seperti itu. Yang tidak kalah penting hampir setiap hari sholat Tahajud. Di waktu sepertiga malam itu, minta sama Allah segala hajat, jangan minta sama manusia bisa jadi zonk ," ujar beliau.

Semua keinginan dikabulkan oleh Allah. Bisa dikabulkan kuliah di ITS Jurusan Teknik Sipil. Sempat menjadi asisten dosen. Dan puncak karir posisi sekarang menjadi General Manager (GM) pembangunan perumahan di IKN dalam naungan Kementerian PUPR.

Setelah mendengar paparan beliau, saya teringat Ceramah Ustadz Adi Hidayat keutamaan Sholat Tahajud. Menyitir Firman Allah QS. Al Isra: 79. Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji".

Ada empat keutamaan sholat tahajud. Pertama, Allah SWT akan mengangkat karir yang terbaik (terpuji). Allah bimbing posisi mulia, dan orang lain akan memuliakan. Kedua, Allah membimbing dalam pekerjaan dengan cara terbaik. Seorang hamba yang rajin menjalankan sholat Tahajud maka Allah SWT akan memberikan kemudahan dalam mengawali pekerjaannya. Selain kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT, seorang ahli Tahajud juga akan dibimbing untuk menjalankan pekerjaan yang benar.

Ketiga, Allah SWT akan memberikan jalan keluar terbaik dari persoalan yang dihadapi. Dalam menjalani kehidupan setiap umat Muslim tidak akan terlepas dari ujian. Keempat, Allah SWT akan menolong langsung ketika ada orang yang ingin menyakiti. Dalam bahasa Al Quran, semakin tinggi kekudukan atau jabatan pasti ujiannya kencang. Apabila didapati seseorang yang rajin menjalankan sholat Tahajud diganggu, disakiti oleh orang lain maka Allah SWT akan langsung memberikan pertolongan kepada umatnya yang ahli Tahajud.

Barangkali ini sebuah rahasia sukses yang di miliki oleh Bapak Ir. Joko Raharjo dengan sholat tahajud posisinya sekarang di muliakan. Tentu saya sangat bersyukur sekali bisa bertemu beliau, saat berbuka bisa ngobrol santai apalagi sambil menikmati hidangan durian. Banyak ilmu yang didapatkan. Semoga moment ifthor jama'i penuh hikmah menjadi motivasi dan inspirasi bagi diri dan para siswa untuk menjadi insan mulia. Waallahu alam Bishowab...

Kedungturi, 24 Maret 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image