Jati Diri Pemuda


"Eksistensi seorang pemuda adalah dengan ilmu dan ketaqwaan.  Jika keduanya tidak ada padanya, maka tidak ada jati diri padanya.  (Imam As Syafi'i)


Berdasarkan dawuh Imam Syafi'i bahwa indikator penting seorang pemuda adalah pemuda yang memiliki ilmu dan taat atas semua perintah Agama dan mampu menjauhi segala larangan-Nya. Jika keduanya tidak ada sama hal eksistensi pemuda tiada.


Di era digital saat ini, sebuah tantangan bagaimana mendorong pemuda untuk lebih dekat dengan masjid. Masjid sarana mendapatkan keduanya. Bersyukur sekali sobat Remas Hikmatul Hakim Ramadhan tahun ikut berpartisipasi aktif dalam program Ramadhan 1445 H. Mulai dari pembagian Takjil, Bilal sholat tarawih, tadarus dan mengisi kultum Subuh.


Sebuah kebahagiaan bagi pengurus dan orang tua, putra dan putrinya yang tergolong pemuda terlibat dekat dengan masjid. Secara tidak langsung mereka  belajar menerima amanah, jujur dan tanggung jawab, serta belajar materi agama untuk menyampaikan kultum.


Meskipun tidak semua sobat remas pengisi kultum, tapi dari beberapa yang tampil sudah luar biasa. Melatih keberanian berbicara dihadapan Jama'ah. Tentu hal ini patut diapresiasi.


Solidnya Remas dalam menjalankan program di bulan ramadhan tak lepas dari ikhtiar pengurus dan motivasi orang tua, tentu atas izin Allah SWT. Perjuangan pengurus masjid melatih satu persatu setelah surat tarawih menjadi kiat penting Remas tampil percaya diri. Ada semacam gladi bersih, sehingga ketika ada kesalahan langsung bisa dibetulkan. Dibaca berulang-ulang sampai lancar dan tanpa melihat teks.


Ikhtiar ini bagian menghadirkan keberadaan remas. Dimana sebelumnya, Remaja lebih sibuk dunianya sendiri yakni dunia maya. Sulit untuk di ajak ke masjid. Hal ini menjadi kegalauan hampir semua orang tua. Tapi kali ternyata jati diri Sobat Remas (pemuda) masih ada. Semoga Eksistensinya menjadi amal jariyah terus mengalir untuk kedua orang tua. Waallaulam bishowab...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image