Orasi Kebangsaan


Sumatif tengah semester (STS) Genap kelas 8 berbentuk unjuk kerja. Tes unjuk kerja tak hanya mengukur aspek pengetahuan, ketrampilan lebih ditekankan. Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila bentuk ujian orasi kebangsaan. Kebetulan topik pembelajaran sumpah pemuda. Tema diusung Peran Pemuda untuk Indonesia Emas.


Orasi kebangsaan ini melatih siswa untuk berpendapat dimuka umum dengan gaya 'demo'. Menggugah semangat anak-anak muda. Selain itu juga melatih daya nalar, mengetahui jalan pikiran siswa saat ini. Bagaimana memandang Indonesia di masa depan. Banyak para pakar memprediksi tahun 2045 Menuju Indonesia Emas.


Para siswa menuangkan ide diatas kertas. Mengkorelasikan dengan peristiwa sumpah pemuda. Semangat pemuda dalam memperjuangkan bangsa, diterapkan dalam konteks masa kini. Kemudian ide yang ditulis di orasikan dihadapan siswa.


Ada ide menarik dari beberapa siswa untuk mencapai Indonesia Emas. Pertama, perbaikan pendidikan. Visi pendidikan yang berkualitas harus ditanamkan pada jiwa pemuda. Dengan pendidikan anak muda memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai akan berkontribusi bangsa dan negara.


Kedua, semangat kepemimpinan. Seorang pemuda perlu dibekali jiwa kepemimpinan. Pemuda menjadi tonggak utama bangsa, jika dibarengi ilmu leadership maka tak diragukan menjadi pemimpin masa depan.


Ketiga, Jiwa Kewirausahaan. Nilai kewirausahaan pada diri pemuda akan memudahkan membuka lapangan pekerjaan. Bukan zamannya lagi puda mencari pekerjaan tapi menciptakan pekerjaan.


Keempat, memanfaatkan teknologi dengan bijak. Di era digital saat ini pemuda sangat berpeluang untuk bisa maju dengan bekal teknologi yang ada. Semuanya bisa diakses dengan mudah untuk bisa berkarya lebih baik.


Itulah sekelumit gambaran orasi kebangsaan yang disampaikan siswa saat mengikuti STS Genap. Semoga bermanfaat dan memiliki daya juang 

Seperti pemuda masa dulu. Sebagaimana kata Bung Karno,' berikan Aku 10 pemuda akan gonyangkan dunia,". Waallaulam bishowab 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image