De Djawatan


De Djawatan 
Oleh: Sriyanto 

De Djawatan salah satu tempat destinasi di Banyuwangi. Tempat wisata yang sempat viral ini mirip Hutan Fangorn dalam film Lord of The Rings. Hutan dengan pohon trembesi besar, banyak benalu tumbuhan yang menempel terkesan angker. Tapi justru itu yang membuat menarik pengunjung.

Destinasi ini dikelolah oleh pihak Perhutani sejak tahun 2018. Namun pohon trembesi sudah ada ratusan tahun sejak zaman kolonial. Lokasinya terletak di desa Benculuk-Banyuwangi. Kalau dari kota perjalanan hampir satu jam. Tiket masuk 7500 rb, parkir mobil 5000 rb. Mulai pukul jam 07.00-17.00 wib.

Kemarin siang berkesempatan melihat langsung ke sana. Dalam rangka survey untuk kegiatan Rihlah akhir tahun sekolah. Ingin mengetahui obyek wisata yang menarik di Banyuwangi.

Djawatan pengunjung sangat ramai sekali. Khususnya anak-anak muda foto dan Selfi. Yang tua tak mau kalah juga berfoto ria. Memang sangat pas banget untuk foto, view bagus dan alami. Informasinya tempat djawatan sering digunakan untuk pre wedding atau shoting film.

Luas De Djawatan kurang lebih dua hektar. Pengunjung bisa mencari spot yang bagus dengan mobil pribadi atau naik delman. Jika naik Delman ongkosnya 50 ribu bisa sepuasnya mengelilingi spot foto yang bagus.

Apabila berkunjung ke Banyuwangi, tidak mampir ke Djawatan rasanya kurang afdol. Dan tak bisa membayangkan bagaimana shoting Film Lord of the Ring. Penasaran bukan?

Banyuwangi, 26 Mei 2024

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image