BELIA

BELIA 
Oleh: Sriyanto 


Ada budaya positif yang terbangun di SMP Al Hikmah Surabaya. Yakni Rapat Tim Manajemen (RTM) alias rapat kerja selama tiga hari. Tujuan dari kegiatan ini penyusunan program kerja pada tahun ajaran baru. Harapannya dengan program baru, satu tahun kedepannya seluruh siswa mendapat layanan terbaik dari sekolah.

Dalam RTM, inovasi diharapkan muncul dari guru-guru berdasar kebutuhan siswa kedepan. Pimpinan sekolah cukup memberikan kerangka besar, detail program diberikan kreasi pada koordinator bidang (Korbid).

Kebetulan tahun ini, saya mendapatkan amanah di bidang literasi dan karya ilmiah. Saya beri nama BELIA (Bimbingan Edukasi Literasi Ilmiah Al Hikmah). Nilai filosofisnya memiliki jiwa dan semangat anak muda yang identik inovatif dan kreatif. Adapun program antara lain: Pertama, Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Membangun budaya literasi sekolah pada guru dan siswa. Guru diharapkan menjadi sahabat memberikan teladan dalam berliterasi. Di awali dengan Sosialisasi program kepada kelas tujuh, delapan dan sembilan. Agar siswa punya wawasan dan pentingnya literasi bagi siswa.

Kedua, SAHABAT (Semangat Al Hikmah Baca dan Tulis). Pembiasaan membaca pagi hari dan kunjungan perpustakaan secara berkala. Mengundang penulis cilik untuk memotivasi menulis buku. Dari sini harapannya mengairahkan siswa menulis. Target minimal kelas tujuh menulis puisi, kelas delapan cerpen dan kelas sembilan menulis opini.

Ketiga, INSPIRE (Innovate Students Projects Research Education). Program ini melatih siswa memunculkan ide inovatif dalam membuat karya ilmiah. Harapannya siswa membuat karya ilmiah sesuai sistematika dan layak juara.

Keempat, Majalah ' LIGHT ' (Literacy Inshigh Great Hikmah Talent). Majalah ini sebagai wadah kreatifitas guru dan siswa dalam menulis. Butiran hikmah dalam berlitreasi dituangkan bentuk tulisan. Karya terbaik akan dimuat majalah LIGHT atau majalah pendidikan di Jawa Timur.

Kelima, SMART (SuperCamp Mastery in Academic Research Talent). Program ini memfasilitasi dalam pendampingan para siswa yang lolos lomba karya ilmiah, baik yang diselenggarakan dispendik kota maupun tingkat nasional. Para siswa dibekali dalam kemampuan presentasi dan persiapan lain dalam kebutuhan lomba.

Itulah hasil rapat kerja koordinator bidang literasi pada semester gasal. Semoga terlaksana dengan baik dan membawa kemanfaatan untuk kebutuhan masa depan siswa. Waallaulam bishowab..

Surabaya, 12 Juli 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image