BERBUDI

BERBUDI 
Oleh Sriyanto

"Tujuan belajar itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan." 
-Tan Malaka-

Hari ini pendidikan dan pelatihan (Diklat ) Al Hikmah Surabaya mulai dilaksanakan. Di saat siswa libur, guru Al Hikmah belajar. Prinsipnya belajar, belajar, belajar mengajar. 

Materi Diklat penguatan pembelajaran Diferensiasi, Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI), Leadership. Fasilitator bersama Ustadzah Hernawati. Pendekatan yang digunakan adalah BERBUDI.

Makna pendekatan BERBUDI itu B artinya Berbagi pengalaman terkait materi. Sebelum materi dimulai peserta di minta berbagi pengalaman secara lisan mau tulis. E artinya E artinya Eksplorasi Materi. Peserta mengeksplore materi yang sudah sediakan secara mandiri. R artinya Ruang Diskusi. Pada sesi ini peserta diskusi studi kasus sesuai dengan materi yang dibahas. B artinya Belajar bersama Fasilitator. Pada sesi ini Fasilitator mendiskusikan konsep, prinsip, strategi, penilaian dan miskonsepsi pada pembelajaran berdiferensiasi. U artinya Unjuk diri. Peserta diminta membuat rencana pembelajaran sesuai pembelajaran diferensiasi. D artinya Desain Kembali. Peserta Diklat menyusun kembali pemahaman, refleksi dan mendapatkan insight untuk memperkuat konsep materi. I artinya Implementasi. Peserta mengimplementasikan ilmu yang di dapat diterapkan di ruang kelas. Tugas membuat video pembelajaran sesuai dengan materi.

Dari Diklat hari ini mendapat pemahaman yang utuh terkait pembelajaran diferensiasi. Merubah mindset atau miskonsepsi bahwa pembelajaran berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Selain itu penilaian dibuat berbeda-beda sesuai kemampuan siswa. Poin penting dari pembelajaran diferensiasi berdasarkan kebutuhan siswa: kebutuhan belajar, minat dan profil latar belakang siswa. Strategi yang digunakan diferensiasi proses, konten, produk dan lingkungan.

Itulah refleksi Diklat hari ini semoga mencerahkan, kemauan belajar semakin meningkat dan memahami karakteristik siswa (menghaluskan perasaan) sebagai yang disampaikan Tan Malaka. Waallaulam bishowab 

Surabaya, 02 Juli 2024

Komentar

  1. Mantab : Mantab akronimnya; mantab kegiatannya; mantap hasil akhirnya (Implementadi di Kelas)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image