Memberdayakan dan Menginspirasi


Meberdayakan dan Menginspirasi Oleh: Sriyanto 


Pengalaman adalah sumber pembelajaran. Pembelajaran tidak hanya terbatas pada guru. Namun, siapapun bisa menjadi sumber belajar. Pengalaman merupakan suatu hal yang amat berharga untuk bisa menjadi lebih baik dan menjadi inspirasi orang lain.


Nah, kemarin siswa kelas 8 SMP Al Hikmah Surabaya berbagi inspirasi bersama teman sejawat. Kakak kelas yang memiliki pengalaman sukses lomba peneliti pelajar Surabaya (LPPS) 2024. Sebagai program perdana INSPIRE. Harapannya adik kelas mendapat inspirasi dalam membuat karya ilmiah layak juara.


Nadya dan Annisa yang meneliti bidang IPS berbagi tip dan trik bagaimana menyusun karya ilmiah dengan baik. Hal utama disampaikan komitmen partner peneliti menjadi kunci kesuksesan. Mulai dari pembuatan judul, menyusun latar belakang masalah sampai hasil penelitian butuh kolaborasi dan Saling menyemangati, " ujarnya.


Sempat dalam perjalanan menyusun karya ilmiah mengalami kendala, bahkan sempat putus asa dan menyerah karena diantara salah satu menyakinkan agar masih berlanjut sampai juara. Yang tidak kalah penting doa orang tua.


Sedangkan pengalaman dari Mas Kevan dan Aidan poin penting yang disampaikan dalam menyusun karya ilmiah, mengamati masalah yang ada di sekitar. Dan rajin membaca referensi dari jurnal scolar. Dari situ muncul ide permasalahan yang diteliti dan dapat dijadikan judul. Pesan yang disampaikan selanjutnya rajin konsultasi dengan pembimbing akan banyak masukan dan saran untuk menghasilkan karya. Dan jangan putus asa ketika melakukan percobaan gagal. Harus terus mengulang percobaan itu sampai hasilnya sesuai harapan. Kegagalan dalam percobaan dapat menjadi pembelajaran untuk bisa memperbaiki kekurangan. 


Moment berbagi inspirasi ini menjadi pengalaman yang berharga. Bagi Nadya, dkk ajang untuk melatih publik speaking berbicara dihadapan adik kelas sebanyak dua ratus orang. Bagi adik kelas pengalaman itu dapat menjadi modal untuk menyusun karya lebih baik. Dan siap menghadapi kendala atau kesulitan karena sudah bekal sebelumnya. Semoga berbagi inspirasi bermanfaat bagi semua. Bagian dari memperdayakan teman sejawat dan menginspirasi. Waallaulam bishowab...


Surabaya, 26 Juli 2024.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image