Pesona Alam Bunder dan Pulau Tabuhan


Pesona Alam Bunder dan Pulau Tabuhan 
Oleh: Sriyanto 


Masih teringat keindahan wisata bahari di Banyuwangi saat Rihlah. Yakni Bangsring Underwater (Bunder) dan Pulau Tabuhan. Kedua destinasi ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau tetapi juga pengalaman yang unik dan berkesan bagi para wisatawan.

Begitu asyiknya menikmati keindahan dibawa laut sampai lupa daratan. Waktu yang disediakan panitia sampai molor dua jam. Kedua destinasi terwujud tak lepas dari pemberdayaan warga desa Bangsring. Saat itu masih Bupati Azwar Anas yang mendorong inovasi desa agar lebih maju. Begitu moncer prestasi yang diraih dilihat wisatawan meningkat tajam, akhirnya di tarik jadi menteri sama Pak Jokowi, sekarang posisi Anas menjadi menteri Aparatur Negara.

Kembali pada kedua distinasi itu. Peran tokoh desa Bangsring akhirnya terwujudlah wisata diminati para pengunjung. Sempat ngobrol dengan penjaga tiket bagaimana asal usul wisata ini terwujud. Beliau cerita, Bangsring adalah desa yang masyarakatnya pencarian utama nelayan. Namun, praktik penangkapan ikan masih illegal. Akibatnya merusak ekosistem laut. Kesadaran akan pentingnya konservasi mulai tumbuh di kalangan masyarakat 

Bangsring pada tahun 2008. Ada program Pemda Banyuwangi untuk inovasi desa. Melalui inisiatif beberapa tokoh masyarakat dan dukungan dari LSM lingkungan, mereka memulai program rehabilitasi terumbu karang dan edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian laut. Upaya ini berhasil mengubah pola pikir masyarakat dari yang awalnya eksploitatif menjadi konservatif dan menjadi tempat wisata yang menawan. 

Munculah Wisata underwater di Bangsring, yang dikenal dengan Bangsring Underwater (Bunder). Bangsring adalah nama desa, dan Underwater menyelam di bawa laut. Bangsring menawarkan pengalaman yang menakjubkan bagi para pengunjung. Di sini, wisatawan dapat menikmati snorkeling dan diving di perairan yang jernih dengan pemandangan terumbu karang yang mempesona. 

Tiket masuk Bunder cukup 7500 ribu. Kalau ingin menyebrang rumah Apung tambah tiket masuk 5000 rb. Apabila ingin menikmati keindahan laut batu karang dan ikan warna warni sewa snorkling 35 ribu. Jika sewa guide dan mendokumentasikan aktivitas saat snorkling 225 ribu satu kelompok (10 orang).


Jika ingin tambah mempesona keindahan alam Bangsring bisa menyebrang ke pulau tabuhan. Biaya 500 rb satu kapal Disi 10 orang. 

Pulau Tabuhan, sebuah permata tersembunyi di Jawa Timur, menyimpan pesona alam dan kekayaan budaya yang luar biasa. Terletak di Selat Bali, pulau ini berada di antara Banyuwangi dan Bali. 

Pulau Tabuhan terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Terumbu karang yang masih terjaga dengan baik dan keanekaragaman hayati laut menjadikan pulau ini surga bagi penyelam dan snorkeler. Selain itu, pantai pasir putih yang mengelilingi pulau menambah pesona eksotisnya.

Itulah ulasan traveling saat Rihlah di Banyuwangi semoga bisa menikmati keindahan wisata bahari di Banyuwangi. Waallaulam bishowab...

Kedungturi, 3 Juli 2024


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image