Clap Limif



Clap Limif
Oleh: Sriyanto 

IID 2024 hari pertama acara ceremony dari panitia. Sebagai simbol pembukaan perwakilan masing-masing negara maju diatas panggung. Yang menarik tanda di mulai kompetisi menabuh bambu. Dalam bahasa Jawa lalar. Teringat di desa saat bulan ramadhan, ada lalar keliling membangunkan orang untuk sahur. Hal ini menunjukkan kearifan lokal budaya bangsa.

Setelah ceremony baru dimulai penjurian. Tim dari SMP Al Hikmah Surabaya memakai kostum khas Arek Suroboyo. Baju Cak, pakai blangkon dresscod hitam. Judul penelitian Utilization Of Nanophospor From Catfish Bone Waste As Liquid Mikroorganisme Fertilizer. Intinya pemanfaatan tulang Ikan Lele untuk pupuk organik. Diberi nama pupuk Clap limif.

Untuk dewan juri satu dari lokal dan satu dari Internasional. Karena model pameran, dewan Juri berkeliling. Jam 10.30 wib satu Juri baru menuju stand. Juri pertama dari Jakarta. Tidak banyak pertanyaan, cukup ditanya apa perbedaan dengan pupuk NPA. Tingkat kesuburannya. Dan hasil datanya seperti apa. Alhamdulillah tim Al Hikmah menjawab dengan lugas dengan berbahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris tak diragukan dan penguasaan materi juga ok. Tinggal pertanyaan hasil percobaan pada tumbuhan sawi. Saat pertanyaan ini, tim Al Hikmah mencoba memutar video percobaan. Pas jaringan kurang baik, akhirnya video tidak bisa diputar dengan baik. Beruntungnya juri bilang no problem it ok. Presentasi dihadapan juri kurang lebih 15-20 menit.

Jam 12.00 waktunya break. Mulai jam satu penjurian lagi dari Internasional. Menunggu lama tak kunjung datang juri kedua, sampai pukul 16.30 wib baru muncul Juri dari Malaysia. Saya lihat name take bergelar profesor. Juri yang kedua lebih ramah dan pertanyaan tidak sulit. Cukup satu pertanyaan, apa yang membuat produk kalian lebih baik dengan pupuk organik lainnya? dengan berbahasa Inggris. Bagi anak-anak tidak ada kesulitan, dengan menunjukkan data yang ada hasil laboratorium dan eksperimen sudah terjawab sudah. Akhirnya satu hari itu dapat penilaian dua dewan juri.

Pada esok harinya ada khusus penjurian spesial Award dari lembaga internasional dan dilanjutkan seminar mini. Bersambung...

Denpasar, 29 Agustus 2024

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image