IID 2024


IID 2024
Oleh: Sriyanto 

Bersyukur hari ini dapat kesempatan mendampingi siswa dalam kompetisi Indonesian Inventors Day (IID) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesian Innovation Promotion Association (INNOPA). Event ini mulai tgl 27-31 Agustus 2024 di Hotel Aston Denpasar Bali.

Asosiasi ini merupakan organisasi ini berfokus pada bidang keinovasian dan mengembangkan, serta mempromosikan produk inovasi melalui kompetisi dan eksebisi inovasi internasional.

Event ini diselenggarakan oleh INNOPA kerjasama dengan Badan Riset Denpasar Bali. Peserta hampir dua ribu peserta yang di ikuti oleh 25 negara.

Ada dua kategori tingkat SD dan SMP bidang sains. Sedangkan SMA dan Universitas bidak teknologi. Desain lomba tidak jauh beda dengan olimpiade penelitian siswa (OPSI) atau ajang lomba yang diselenggarakan Internasional Young Science Asosiation (IYSA). 

Yang berbeda antara IYSA dengan INNOPA, nilai Great di lembaga perpusnas lebih tinggi INNOPA. Kompetisi yang digagas INNOPA setahun sekali, tempatnya berpindah-pindah diberbagai negara.

SMP Al Hikmah Surabaya baru perdana mengikuti event ini. Termasuk pemain pemula. Yang sering ikut IYSA. Peserta dari Surabaya satu stand ketemu dengan SMP Negeri 1 Surabaya, SMP Al Azhar 13 dan SD Muhammadiyah Pucang. Sempat mengobrol dengan pendamping dari peserta Surabaya sudah pernah mengikuti beberapa kali. Di Thailand, Malaysia dan tingkat Eropa. 

Dalam penilaian di nilai dewan juri ada yang dari Thailand, Malaysia, China. Satu tim di nilai dua Juri pada STAN pameran yang disediakan panitia. Melihat dari presentasi poster dan menilai produk.

Saat waktu luang, sempat berkunjung diberbagai stand dari beberapa sekolah luar biasa ide penelitian. Dan rata-rata sudah memiliki surat pencatatan hak cipta (HAKI). Kompetisinya lebih ketat dan sejauh mana produk yang dibuat menarik dan memikat juri.

 Dari event ini siswa paling tidak mengasah kemampuan bahasa Inggris, melatih berpikir logis dan sistematis di hadapan juri maupun peserta lain. Bravo tim Al Hikmah...

Bersambung..

Denpasar, 28 Agustus 2024.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image