Inventors


Inventors 

Oleh: Sriyanto 


Event IID 2024 hari kedua, penjurian spesial Award dan saling mengunjungi pameran karya. Lembaga INNOPA kerjasama dengan lembaga riset internasional. Ada dari Hongkong, China, Thailand, UEA dan Rusia. 


Peserta dari Internasional di Award langsung oleh lembaga riset diatas. Sedangkan peserta dari Indonesia mendapat Award dari INNOPA sendiri.


Suasana begitu meriah ketika ada diantara peserta dari Thailand, Hongkong mendapatkan Award. Standing Applaus di berikan begitu meriah. Yang saya tahu dari posternya ada yang membuat obat multivitamin dari beberapa ramuan. Sedangkan dari Hongkong membuat alat teknologi dikolaborasikan dengan AI untuk mendiagnosa penyakit epilepsi. Karya dan inovasinya luar biasa.


Saat mengunjungi beberapa pameran karya dari Indonesia banyak yang menarik dan menjadi inspirasi. Ada yang membuat sunscrin dari kulit manggis dan buah naga. Ada membuat pasta gigi dari daun Unggu. Ada yang membuat alat teknologi menyajikan minuman dan makanan otomatis. Ada menciptakan aplikasi melacak keberadaan dan aktivitas orang lansia. Produk salep luka dari daun binahong dan getah pisang. Dan lainnya sebagainya. 


Stand karya tim SMP Al Hikmah dapat kunjungan 50 orang dilihat dari berbagai negara. Saling berbagi inspirasi dan menggali ide bagaimana proses pembuatannya. Untuk ceremony Award dilaksanakan hari ini. 


Begitu luar biasa karya para peserta, Inovasi dan kreativitas sangat membanggakan layak disebut Inventors.



Bersambung...


Denpasar, 30 Agustus 2024




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keputusan Berdampak

Jalan Dakwah Jalur Lomba

Bing Creator Image